Bekerja sebagai Expatriat di Singapore (part 1)

Hari ini saya dikunjungi sepupu yang dulunya tinggal di Amerika.
Dia bilang mau tanya2 ttg bekerja di Singapore. Karena situasi dan kondisi, dia terpaksa kembali ke tanah air, dan sekarang ingin mencoba peruntungannya di negeri singa.

Backgroundnya IT, mestinya tidak sulit untuk mendapat pekerjaan disana, karna setau saya,di komunitas orang Indonesia di Singapore paling banyak ITnya :D

Saya akan mencoba merangkup pertanyaan2 blio, siapa tau bisa bermanfaat buat yang lain :)

1. Bagaimana cara bekerja di Sg?
Caranya tentunya dengan apply2 dulu, paling gampang kalo kita bisa apply melalui orang dalam, misalnya punya teman yang kerja di perusahaan yang dituju, jadi bisa nitip cv/ porto ke temen itu :D
Kalo ga punya temen di SG, ada baiknya ikutan milis indo-sing@yahoogroups.com
isinya orang2 Indo yang kerja/stay di Sg, biasanya ada postingan lowongan pekerjaan di perusahaan tempat mereka bekerja.
Untuk info tambahan silahkan klik disini.

2. Sebaiknya apply dari Indonesia atau langsung kesana untuk beberapa minggu dan apply2 dari sana?
Sebeneranya 2-2nya bisa saja. Kalau kita stay di Sg, kelebihannya bs fleksibel untuk mengikuti panggilan wawancara, cuma kekurangannya membutuhkan modal yang tidak sedikit. Cara lainnya dengan apply2 dr Indo, dan jangan lupa menyatakan kalau kita bersedia untuk dipanggil wawancara sewaktu2, dan bersedia untuk ke Sg dengan biaya sendiri. Teman2 saya dulu biasanya 'mengumpulkan' beberapa jadwal interview, lalu ke Sg sambil liburan misalnya, dan melakukan interview2 itu dalam satu trip.

3. Sebaiknya apply PR dulu dari Indonesia atau tidak?
Kelebihannya kalau punya PR, maka kita bersaing seperti orang lokal Sg, karna employer ga perlu mengurus visa kerja kita. Cuma biayanya lumayan mahal, dan kalu ga dapet tetep musti bayar T_T.
Kalau kita punya pengalaman yang cukup, memiliki skill yang spesifik dan dibutuhkan di SG, optimis aja bs keterima, dan employer pasti mau mengurus visa kerjanya (soalnya ga tlalu mahal juga kok)

(bersambung)

Leave A Comment

Diberdayakan oleh Blogger.

Follower

Where do you come from

free counters

member of..

The Urban Mama