36 weeks, dilema :(

Hari Minggu kontrol ke Dr wid di Melinda, dianter onyos aja soalnya mas alfa dah pulang (hiks!) dan mam abeh ada tamu. Sedikit berharap baby udah masuk panggul soalnya dari kmaren nyeri banget di bagian bawah, kaya keteken, konon itu tanda2 mulai masuk panggul. Amin!

Sempet bete berat krn di jalan muaceetttt, huhuhu ke Melinda butuh 1 ½ jam cobaaaa…

Tapi pas nyampe sana ternyata dokternya ada oprasi jadi jadwal kontrol disambung lagi ampe jam stengah 12. Kagok kalo pulang lagi, akhirnya kita (oiya, sari, mas andri dan papah langsung ke Melinda dari Jakarta) ke The Kiosk Pasteur sambil sarapan.

Jam 12 balik lagi, dokternya lum ada, nunggu ampe jam stengah 1, dah laper lagi :p
Makan siang di Ma’ Uneh, enakk yaa ternyata :9
Jam 2 ditelp Melinda ngasih tau dokternya dah ada.

Oke ini perkembangannya

BB ibu: 63 kilo (hmm ga banyak ya naiknya)
BB baby: 2.9 kg (naik 100 gram! :D)

Tapi tapi tapi .......

Ketubannya tinggal dikittt banget, plasenta pengapurannya makin parah, baby masih lum masuk panggul, kemungkinan krn kehalang plasenta.

Dr wid paling concern ttg ketubannya itu, apalagi pas CTG ada grafik yang melemah, tanda baby mulai lemas (walo masih kurang dr 5 menit, jadi masih gpp, tapi ada indikasi), huhuh kasian Nabil.

Dokter bilang liat kondisinya hari rabu pas CTG lagi, kalo masih ada indikasi melemah jantungnya harus segera oprasi, bisa jadi hari itu juga, tergantung nanti.

Rasanya langsung lemes denger kabar itu, apalagi ga ada mas Alfa, jadi gamang dan bingung banget..

Yang tadinya udah nyiapin pertanyaan sampe lupa untuk nanyain, yang ada rasa bersalaahhh..karna bikin Nabil lemes, karna dulu sempet males makan, mungkin itu yang bikin plasentanya pengapuran.

Pas cerita ke suami, katanya kasian Nabil, kalo emang begitu apa ga sekalian diputuskan oprasi aja? Lagipula biar mas alfa pulangnya pasti, dan Nabil juga bisa dikontrol kesehatannya daripada di dalem tapi deg2an knapa2. Bener juga sih, tapii...takuuuuttt...rasanya lum maksimal, gimana kalo ternyata masih bs normal?
Akhirnya karena ragu2, diputuskan cari 2nd opinion, besoknya di hermina, sama dokter ce, dan alhamdulillah dapetnya Dr Anna, udah sering denger review yang bagus ttg dokter ini, dan kayanya lebih senior dibanding Dr Wid.

Hasil pemeriksaan:
Ketuban: emang dikit tapi ga dikit banget, masih dalam tahap tidak membahayakan
Plasenta: ga ada pengapuran tuh
Jantung: normal, 140
Plasenta: namanya posisi letak rendah, ga menghalangi jalan lahir, tapi ada kans 50-50 pendarahan saat lahiran.

Kesimpulan: ga perlu cepet2 oprasi, masih bisa ikhtiar normal, lagipula masih 37 minggu (beda sama hitungan dr wid yang 38 minggu, tapi itungan Dr Anna sama dengan dokterku yang di Singapur), jadi banyak jalan aja, banyak makan yang bergizi, dan kontrol tiap 3 hari untuk monitor baby.

Duuh leganya luar biasa, dan karena kabar yang diterima positif semua (kecuali ttg plasenta, tp itupun masih kans 50-50) aku jadi lebih tenang, ga stress, dan bisa berpikir positif. Masih ada kesempatan untuk lahir normal, insyaAllah bila memang itu yang terbaik. Amiinn :-)

Ya Allah, mudahkanlah segala sesuatunya, semoga Nabil selalu berada dalam lindunganMu ya Allah, dan lahir dengan selamat tanpa kekurangan apapun, amiiinn :-)


Comments
2 Responses to “36 weeks, dilema :(”
  1. alf_kin says:

    minggu depan oweh ya macnya ambi cuci??

  2. Ga oweeehh :@ ncik aca kawo cah ada kpactian napi cah macuk panggu yaa...

Leave A Comment

Diberdayakan oleh Blogger.

Follower

Where do you come from

free counters

member of..

The Urban Mama