Katanya ga mau jadi arsitek, tapi kok....


Jadi yaaaa...dari dulu itu ga pernah kepikiran akan jadi arsitek.
Pas jaman sma sebenernya pengen jadi fashion designer, hanya karena suka gambar orang, ahahahah cetek yah.
Tentyu tidak direstui ortu yang bercita2 anaknya kuliah di inversitas negeri terutama itebeh.
Jadi aja milih jurusan pokoknya-asal-di-itb-tapi-ada-menggambarnya.
Apa daya tes fsrd ga masuk, dan malah keterima di arsitektur.
Karena niat yang setengah-setengah ini pleus masih jadi ababil yang bukannya serius kuliah malah asik pacaran jadi aja nilai-nilai masa kuliah standar aja ga fantastis.

Nilai studio yang semestinya mencerminkan kemampuan mendesain seseorang dari semester awal ampe tugas akhir B aja gituh.

Ga jelek, ga wow.
Standar.

Lulus kuliah rasanya empet banget gambar-gambar lagi. Mana jaman kuliah dulu masih oldschool alias manual, pake sketsa. And i can't sketch. Jadilah pas lulus berikrar mau banting setir aja ke marketing, ataou perbankan supaya bisa dress up pas kerja (again, alasan cemen) dan working hours yang fixed.

Udah apply kemana-mana dan interview beberapa kali akhirnya keterima di dua perusahaan. PSUD (an urban design consultant) di bandung dan marketing di perusahaan valas di gatsu bandung.

Karena waktu itu masih ababil juga ga bisa ambil keputusan sendiri jadi aja nurut kata ortu untuk nyoba di PSUD dulu sambil mengamalkan ilmu, kalo udah ngerasain boleh deh banting setir.

Pas udah kerja di PSUD, impian semula kembali menggelora. Cita-cita utama sih sebenernya pengen kerja di luar negri, di singapur tepatnya, supaya bisa dress up ( hahaha tetep), experience big city tapi relatif safe. Kalau jakarta? Aku takut kakaaaak, tak kuat menghadapi kejamnya ibukota.

Turns out kerja di PSUD membuka peluang besar, walo kerjanya banting tulang lembur ampe tiap hari sampai ga punya kehidupan dan ga jarang nginep di kantor, dengan gaji minim *sigh*, tapi experience itu bisa membuatku mengumpulkan portfolio. Dan setahun kemudian, i start to work in my dream city.

Daann my life changed completely. And my professional life as well.

Bedanya kerja di luar negeri itu ya ga ada namanya anak bawang, ga ada senioritas. Your opinion counts, even though you're only an assistant. Lingkungan kerja di bandung yang seperti di indonesia pada umumnya membuatku awalnya ga pede mendesain, mengeluarkan pendapat, dan namanya juga freshgrad yaa pastinya disuruh ngerjain yang cemen cemen.

Makanya pas awal ditanyain ide rada kaget juga. Me?? You asked me?? Dan ketika dibilang idenya bagus, makin pede deh, main berani mengekuarkan pendapat, dan makin berani mengeksplor suatu desain. Ga pernah tuh diketawain dibilang "gile cemen banget ide lu!" atau "yaelah basi banget" . Suasana kerja yang supportif dan era digital (yeayy ga mesti sketsa lagi) bikin aku semakin maju.

Akhirnya walau "hanya" berstatus architectural assistant tapi beberapa kali dipercaya bos untuk ngelead project, handle project dari single tower sampe master planning  ikut meeting ke luar negeri, sampai submit ideas kalo ada internal competition padahal banyak yang lebih senior dari aku. Dan ga jarang si bos personally asked my opinion kalau lagi meeting.

Bangga? Pastinya, tapi yang penting it really boost my confident, that maybe i DO have the talent for this.

Abis merit pindah ke KL dan apply2. Diterim sama beberapa company terkenal spt veritas, RSP, tapi kesandung masalah visa.

Waktu balik ke bandung lagi udah niat mau pensiun di dunia arsitektur tapi malah dapet tawaran freelance working from home dengan gaji yang sama seperti di KL.

Pas udah cape freelance mau beneran pensiun dan berbisnis, udah  buka fashion ol shop, eh dapet tawaran kerja lagi di singapur in another company,  tanpa interview.

Pas tau hamil dan akhirnya resign pulang ke Bandung malah dapet beberapa project desain kostan yang completionnya pas ampe nabil lahir dan harus ikut suami ke Rumbai.

Waktu di rumbai akhirnya bener2 vakum karena emang rasanya ga bisa ngapa2in sihhhhh....
Tapi pas sekarang nabil udah agak gede dan udah bisa nyambi2 lagi - lagi alhamdulillah dapet proyek desain.

It seems that every time i tried to walk away architecture always find a way to get back to me.

Tapi akhirnya jadi bersyukur, karena mungkin i do have the design flair, and the ability, jadi harus dimanfaatkan toh, kan karunia ya.
Dan setelah ditilik tilik, arsitektur itu ga menyebalkan ternyata.

Nyebelin kalo harus lembur, kalo ga ada waktu, kalo ga sesuiai dengan keinginan kita, kalo harus ngikutin trend, kalo harus apal nama-nama arsitek dunia (helooo??who?gedung apa?yang mana?) kalo dijadikan pekerjaan yang membebani.

Tapi kalau dijadikan proses visual, proses menjadikan sesuatu menjadi lebih indah, lebih nyaman, lebih personal (huh, maap ya ga suka gaya minimalis dingin sepi ga ada perabot gitu). I like it.

I also enjoyed proses menyampaikan ide, konsep desain, presentasi visual, dan lain lain.

So i guess, I am marissa fauzia, an architect :)

Comments
One Response to “Katanya ga mau jadi arsitek, tapi kok....”
  1. Anonim says:

    hai teh... aku lagi ngegugel psud, ketemu blog teteh...
    aku itu ketrima di PSUD, but i have a condition & options...baru dipanggil masuk bulan juli/agustus ini..
    boleh gak aku kontak teteh langsung buat nanya2 kantor psud?
    please contact me dong teh, hahaha
    line gitasayu
    twitter gitasayu
    fb www.facebook.com/gitasayuu u nya 2 yah
    wa/sms/telp 089627109998

    tuh uda dikasi semua kontak tuh, serius banget nih pengen nanya2, bentaaar aja minta waktunya... hehehe
    thanks b4

Leave A Comment

Diberdayakan oleh Blogger.

Follower

Where do you come from

free counters

member of..

The Urban Mama