Journey to wean#3 Final

Alhamdulillah proses menyapih Nabil hanya 3 babak sajahhhh..
Padahal kalo dilihat dari betapa addictnya Nabil sama mik, kirain cerita ini bakalan bersambung berepisode-epsisode dan penuh drama dan airmata.

ternyata enggak.

Walo ga mudah juga sihh, ada beberapa drama juga, misalnya di siang hari karea udah mik ga bobo-bobo, terusnya emaknya sensi jadi miknya distop dan anaknya ngamuk, atau pas malem kebangun minta mik tapi berharap bisa bobo lagi jadi ga langsung dikasih jadinya ngamuk dsb dsb dsb *lap keringet

Tapi karena proses weaningnya tinggal 2 tahap lagi yaitu malam-malam pas kebangun dan pas bobo siang seperti yang diceritain disini , aku mencoba melanjutkan proses ini supaya konsisten, takutnya kalo kelamaan malah makin susah karena ulang tahunnya kan bentar lagi. Sedangnya hypnonya selama ini "kalau udah ulangtahun ga mimik lagi ya.." 

Kalo ga dicicil dari sebelumnya takutnya malah ujug-ujug stop gitu malah kesian.

Anyways, dengan mental baja dan ketabahan berhubung ga ada ayahnya, proses weaning dilanjutkan.

Sebelomnya udah nyoba segala trik untuk bobo siang ga sukses juga, akhirnya nyoba cara lain;

Didorong di stroller. 

Jadi tiap jam bobonya kita jalan-jalan kemol sambil di dorong di stroller, dan alhamdulillah sukses.
Ga takut kebiasaan? InsyaAllah ga ya, karena kan tujuannya bikin dia lupa sama mik, dan frekuensi mimiknya juga jadi berkurang sehingga pasokan asinya juga menurun, dan dilakukan ga seterusnya, cuma 4 hari aja, abis itu coba boboin di rumah.

Bangun malam gimana? Masih suka bangun, tapi frekuensinya berkurang dari yang tadinya bisa 3-4 kali jadi 2 kali sajah. Bangun malem pertama jam 12 an dan yang kedua subuh jam 4 an. Bangun malem ini juga tricky, ga tau cara ngatasinnya gimana, yang bangun malem pertama sih masih bisa bobo lagi setelah dieyong-eyong *emak mata panda*tapi yang bangun subuh kadang sukses kadang enggak, jadi masih suka mimik diselah 1 hari. Hari berikutnya nyoba konsisten ga mimik akhirnya malah bangun jam 4 ituhh setelah ngamuk-ngamuk, untung eninnya dah bangun jam segitu..duh kalo belum ga kuat deh, mana baru bobo jam 1 T_T

Proses weaning bobo siang dan bangun malam ini ga selancar yang lain, malah bisa dibilang the hardest part, apalagi ga ada ayahnya yang bisa bantuin pas malem, jadi mesti begadang deh, yang bobo siang juga sama, kalo ga didorong di stroller rada tricky boboinnya, karena dia dari dulu kalo siang suka nahan-nahan ga bobo, dan akhirnya ngamuk karena overtired, beberapa kali sukses diboboin dieyong-eyong, one time sukses baca buku, another diboboin eninnya pake kain atau digaruk-garuk.

Tapi ada juga masa-masa gamau bobo banget padahal udah ngantuk, jadinya ngamuk gamau dieyong,jejeritan dan drama abis, akhirnya nyerah deh kasih ke abeh aja dan diajak main, jadinya malah ga tidur siang @@

Prose prahara ini berlangsung kira-kira 3-4 harian, abis itu ayahnya dateng. Berhubung udah sebulan ga ketemu ayahnya, berubah menjadi 'anak ayah' banget deh. Apa-apa maunya sama ayah, bobo sama ayah, mandi sama ayah, makan sama ayah. Akhirnya sekalian aja proses boboin diserahkan ke ayahnya. , dan bobopun sama ayahnya aja be2.
Amazingly, Nabil bisa bobo sampe pagi gapake bangun, bobo siang juga sukses bobo sama ayahnya.

Suddenly, it was over.

Dan kayanya lupa aja sama mimiknya. Kadang-kadang suka ngomong sendiri sih, "ga mimik, udah besay' tapi ga pernah minta.

Alhamdulillah.

Kalau tau prosesnya selancar ini jadi nyesel dulu suka ga sabar sama Nabil, beberapa kali Nabil dimarahin karena minta mik, yang harusnya hypno dengan suara lembut ngasih tau" Nabil ga mimik lagi ya, kan udah besar", malah ngomongnya sambil agak keras. Kalo ngejalainnya dengan lebih sabar mungkin perpisahannya juga penuh cinta, ga pake acara sebel dan marah ke Nabil,huhuhu

Pasca weaning gimana?
Yang paling keliatan sih tidurnya, bisa bobo sendiri dan straight ampe pagi, surga banget buat emaknya yang udah 2 taun ga pernah bobo 8 jam full. Kalau makan kayanya biasa yah, ga ada perubahan fantastis dalam jumlahnya. Uht makin banyak, apalagi kalo diperjalanan, bisa 750 ml sehari.

Alhamdulillah, Nabil anak hebat, bunda bangga dan sayaaang banget sama Nabil :-*

Leave A Comment

Diberdayakan oleh Blogger.

Follower

Where do you come from

free counters

member of..

The Urban Mama