Medan Getaway #2

Day 2, May 5th Medan-Danau Toba-Samosir

Hari ini kita sewa mobil buat ke toba, sebenernya ada opsi naik travel, naik bus, atau bahkan kereta api. tapi berhubung lagi hamil dan bawa balita, udah paling bener sewa mobil deh. Ratenya waktu itu 250k untuk avanza, harga standar lah.

Sempet ragu juga mau ke toba secara eike mabokan euy. apalagi katanya bisa 5-6 jam! Tapi udah sampe medan ga ke toba rasanya kagok juga. Ya udah bismillah lah. Suprisingly perjalanan ga kerasa sama sekali. Kami berangkat jam 10 jam 2 udah nyebrang ke Samosir. Jalanan muluuus dan lurus, jadi ga mabok deh. Kami pake rute medan-parapat-toba yang katanya emang lebih cepet. Di jalan pun Nabil anteng dan malah bobo jam 12-stengah 2, jadinya makin mulus deh perjalanan.
Drama dimulai waktu kita nyebrang naik perahu. Nabil yang dulu trauma naik perahu waktu di Bali gegara perahunya goyang-goyang udah stress duluan waktu kami sampe pelabuhan ajibata. Padahal kita sengaja pilih naik perahu yang bisa sekalian dinaikin mobilnya biar ga kerasa naik perahu dan ga goyang-goyang. Akhirnya diboongin deh, ,bilangnya mau parkir doang, dan langsung jejelin ipad yang udah diinstal game baru sambil suapin makan. Abisnya gimana yaaa...daripada dia tantrum dan ga kelar-kelar nangisnya, ini kan perjalanannnya sejam lhoo, kesian amat kalo misalnya nangis ketakutan ampe sejam. Kalo dulu di Bali akhirnya kita minta perahunya muter balik ke pantai untuk ngedrop aku dan nabil (bye-bye snorkeling), kalo ini pan mana bisa minta kapalnya balik lagi -_-;;

Ga lama udah anteng main ipad sama makan tiba-tiba Nabil nyeletuk
"Kita naik perahu ya"

Hihihi ga bisa diboongin ternyata, tapi udah tenang karena ngerasain biasa aja ga goyang-goyang, makan pun abis banyak jadi ga tantrum prone lagi. Tapi tetep belum berani keluar mobil untuk liat-liat pemandangan di perahu.

gamau turun mobil -_-;;
samosir from the distance

Sampe samosir jam 3an, kamipun cari-cari hotel. Sengaja ga booking via agoda seperti biasa karena mau liat suasananya dulu. Survey-survey di agoda sebelumnya pun harga sama-sama aja dan kondisi kamar juga mirip. Disini jangan harapkan bisa dapetin luxury hotel (with promotion) ya, semuanya sekelas homestay dan fasilitas standar. Tapi harganya lumayan 250-600an. Padahal kan kalo di kota mah harga segitu (kalo promo) udah bisa di hotel berbintang.

Sesuai review di tripadvisor katanya hotel yang paling lumayan adalah Carolina hotel dan Taboo. And turns out it was pretty accurate. Kita survey juga sih ke beberapa hotel yang emang harganyanya lebih murah, tapi agak-agak menyedihkan gitu. Hotel lama, minim fasilitas, outdoornya dated dan ga terawat, dan rada-rada spooky jadinya.

Carolina hotel ok sih, harga juga start from 250 ribu, tapi kita penasaran sama Taboo jadi survey dulu kesana.

carolina hotel, langsung di pinggir danau toba
 viewnya baguss
suasana sekitar hotel penginepan

Ternyata di taboo kamarnya jauh lebih mahal. Dengan fasilitas kamar yang sama harga di taboo 400 sedangkan di Carolina Cuma 250. Tapiii fasilitas outdoornya lebih menarik dan modern sih. Ada playground, kids pool, area bale-bale dan cofeeshop yang menarik. Kita sempet nyobain dessertnya yang menurut review enak-enak.

suasana di Taboo, lebih bagus yaaa, tapi kamarnya sama aja dengan harga lebih mahal T_T

nyobain dessertnya dulu sambil duduk-duduk cantik menikmati suasana :p

Akhirnya balik lagi ke carolina krn leboh murce :p

Untuk dinner kita pergi ke Sekapur sirih yang kata suami menurut review terenak di Samosir. Wow, high expectation dong.

Ternyata yang makan malam itu Cuma kami doang.

Krik krik krik…

Makanannya juga ga terlalu banyak variasi,mostly ikan-ikanan dengan tumisan sayur. Yang khas katanya sambel andaliman yang konon bikin lidah bergetar-getar.

Furniturenya kayu-kayu yang agak rustic yang ternyata si empunya bikin semua furniturenya. Kayunya juga pake kayu pinus jadinya keren banget. Suami ampe beli lho kayunyaa -_-;;

Abis makan kamipun jalan-jalan mau liat-liat suasana samosir waktu malam. Ternyata, sepii banget yaaak macam di kampung. Walo danau toba udah jadi destinasi internasional tapi suasananya masih asli dan masih basic banget seperti jalanan yang rusak dan sempit, hotel-hotel yang belom banyak pilihan, dan aktivitas yang terbatas.

Abis jalan-jalan balik ke hotel lagi deh dan langsung tiduurr *edisi bumil kecapean*