Sekolah Nabil; Gentle Weaning

Gentle weaning?? emangnya masih asi??
Bukan..weaning disini adalah menyapih nabil dari ketergantungan sama bun-bun nya dan belajar mandiri dengan sekolah.

Banyak anak-anak temen yang bisa langsung adaptasi sekolah tanpa drama, tentunya pengennya Nabil juga bisa gitu. Tapi tiap anak kan beda-beda..dan Nabil butuh penyesuaian dan ga bisa langsung ditinggal.

Alhamdulillah sih dia suka banget sekolah, tiap pulang sekolah nyanyi-nyanyinya diikutin, seragamnya pengen selalu dipake dan semangat cerita tentang sekolah. Tapiiii...maunya sama bun-bun terus.

Pihak sekolah kasih waktu seminggu buat ditemenin sama ortu/mbaknya...walo kenyataannya ada juga sih yang molor. Ternyata di minggu pertama aku masih harus duduk bareng tuh di sekolah T_T. Geser dikit aja ga boleh T_T.

Minggu ke 2 udah mulai rutinitas sekolah yang sesungguhnya. Pakai seragam, naik bus, pake sepatu dan kaos kaki. Nahhh..mulai deh dramanya. 

Nabil yang kebiasa milih baju sendiri sesukanya tiba-tiba harus pake seragam, yang ga demen pake sepatu dan kaos kaki kudu pake, ga biasa bangun pagi harus bangun pagi, aduuh cape banget deh pagi-pagi udah harus bujuk ini itu apalagi ke sekolah masih harus ditungguin T_T

Mana kepikiran Missha, diajak malah bikin anak-anak ga konsen pengen ngeliatin bayik, ditinggal kesian aus, nyusul buat mimik bunbunnya ga boleh beranjak sama masnya dan akhirnya berakhir dengan Nabil nangis-nangis di sekolah T_T

Desperate, akhirnya curhat di itbmotherhood. Rata-rata sih menyarankan langsung tinggal aja, tentunya dikasi pengertian dulu sebelumnya, tapi ya ujung-ujungnya tega-tegaan. Bu gurunya juga bilang gpp kalau mau pake metode itu, Insya Allah bu guru bisa mengatasi. Banyak juga yang seperti itu, paling nangis 1-2 hari abis itu udah bisa enjoy.

Tapiiiii...kok aku ragu-ragu yaaa...apalagi modelan anak sensitip kaya Nabil. Curiga malah kapok sekolah karena seperti ditelantarkan emaknya di lingkungan yang sama sekali asing buat dia.

Dipikir-pikir ini kan seperti menyapih kan, kaya dulu waktu biggest milestone Nabil, menyapih..toilet training..semua bisa terlewati tanpa drama karena aku pakai metode gentle weaning, dan metode inilah yang udah terbukti cocok buat Nabil.

Kunci dari gentle weaning ini adalah;
1. Bertahap
2. Repetisi
3. Sounding berulang-ulang (hypnoparenting)

Bertahap.
Jadi ditinggalnya harus bertahap, model kaya Nabil ga bisa langsung ditinggal tanpa drama. Kalo 2 minggu pertama aku duduk nempel sama dia, maka pertemuan berikutnya perjanjian aku duduk di ruang tamu, berikutnya diluar dstnya..
Tapi untuk bisa ke tahap berikutnya dilakukan usaha sbb;

Repetisi.
Repetisi maksudnya established fun routine. Sebelumnya aku salah strategi memaksakan semuanya ke Nabil, maksa bangunin, maksa mandi cepet, maksa pake seragam, anaknya makin stress deh T_T
Kalo sekarang ganti strategi, dari malem udah disounding sekolah besok ngapain aja, temen-temen semua hebat-hebat sekolah sendiri, nanti Nabil juga bisa spt itu dsbnya. Karena masih baru Nabil boleh ditemenin tapi di ruang tamu yaa...soalnya temen-temennya kan ga ada yang ditemenin. Walo ragu-ragu tapi dia mengiyakan. Tak lupa pesan sponsor kalo udah berani ga ditungguin bun-bun lagi. 

Bangun pagi ga dibangunin, tapi aku setel lagu-lagu anak supaya bangunnya udah disambut lagu-lagu ceria. Bangun tidur baca buku online tentang sekolah, dengan syarat abis itu mandi. Abis itu sarapan sambil main.

Kalo semuanya fun dan teratur gitu, Nabil mau kerjasama dengan baik gapake drama.

Sounding berulang-ulang (hypnoparenting)
Dari berbagai media. Buku, pidio yutup, cerita, semua temanya sekolah dan anak yang berani sekolah. Sebelum bobo cerita-cerita dulu tentang berani sekolah, pas mau merem dinasehatin supaya berani dsbnya.

Alhamdulillah dengan cara ini hari pertama aku di ruang tamu, hari ke 2 mau sama mbaknya tapi tetep nunggu di ruang tamu, hari ke 3 mbaknya nunggu di luar, hari ke 4 mbaknya udah boleh pulang.

Semua transisi itu berjalan lancar gapake drama, pernah sekali nangis pas pertama mbaknya di luar tapi cuma sebentar doang karena kan emang udah disounding berulang2 dan dia juga udah setuju.

Di kelas sih kata bu gurunya masih tegang gitu ga mau ngomong, masih malu-malu. Tapi kalo udah gini sih Insya Allah lama-lama juga udah bisa enjoy.

Nabil hebat :-*



udah berani baris sama temen-temen..coba tebak mana nabil? :D


acara outing sekolah weekend kemarin :D

nai bus sekolah dijemput bu guru

Leave A Comment

Diberdayakan oleh Blogger.

Follower

Where do you come from

free counters

member of..

The Urban Mama