Anak ke dua

Setelah punya anak ke 2..tiba-tiba menyadari betapa lebaynya dulu waktu ngasuh anak pertama. Maklum ibu baru..maunya semua serba idealis dan sempurna..rasanya 'kalah' kalau ga sesuai sama idealisme.
Pas anak kedua? Santai kaya di pantai...dibawa enak aja...ga harus begini harus begitu.
Contohnya?
1. Tentang popok.
Anak pertama: wajib pake popok kain? Pospak itu harom!ga sehat! Kesian anaknya!kalau bisa full clodi bahkan buat bobo malem walo keberatan insert.
Anak kedua: langsung pake pospak begitu udah jarang pup..pakenya yang ekonomis terus pula ga pernah pake yang reguler. Kesian ya missha :p
Hasilnya: Nabil malah sering banget ruam, ga tau sih apa bener karena clodi atau kulitnya lebih sensitif..tapi kan kenapa ga dicoba pake pospak sekali-sekali..kalau diinget-inget ko kayanya nyusahin diri sendiri.
2. Soal mpasi
Anak pertama: mpasi homemade!no gulgar! Ga ada makanan kemasan ampe gede!
Anak kedua: begitu 8 bulan mis2 tetep ga doyan makan, akhirnya dikasi gulgar dimakanannya. Trus kalau makan diluar mis2 selalu dikasih icip-icip.
Hasilnya: nabil yang lebih homemade dan jarang cheating malah lebih picky daripada adeknya, susah dikasih makanan baru. Mis2 karena udah icip segala rupa dari kecil lebih mau nyoba makanan-makanan baru, less picky, dan walo katanya kalau dikasi gulgar sejak dini bakalan ga doyan sayur buah, dia maniak banget sama buah dan tetap doyan sayur.
3. Tentang susu
Anak pertama: sufor ga baik, susu itu bagusnya uht
Anak kedua : kasih susu apa ajalah..sufor dikasi karena kalori lebih tinggi
Hasilnya: nabil doyan susu..mis2 ga doyan sufor atau uht. Hahaha ga ngaruh ya..kayanya karena masih asi
4. Tentang nangis
Anak pertama: dulu pas masih bayi nangis dikit emaknya langsung disuruh susuin, nangis jatoh, nangis ngantuk,semua deh ujung-ujungnya mimik.
Anak kedua: selain karena ngantuk, kalo nangis dicuekin emaknya ga akan disusuin. Kalau jatoh paling di bilang gapapa..tapi ya biasa aja ga lebay
Hasilnya: nabil ampe skrg lebay banget, ada sakit sedikit rewelnya ampun-ampunan, dulu pas masih asi pun jdnya asi addict banget, dikit-dikit mimik, rewel dikit mimik.
Missha lebih mandiri, kalau jatoh yang ga terlalu sakit ga akan nangis,  sama mimik juga seperlunya ga addict banget, kalopun nangis karena sakit banget (misal kejedot, berdarah) nangisnya juga bentar ga pake lebay.
Itu beberapa perbedaan antara pola pengasuhan anak pertama dan kedua, ga bermaksud membandingkan sih tapi maksudnya biasa aja dalam menyikapi pola asuh yang ideal (note to self juga) ga usah terlalu sempurna,  terlalu lebay dsbnya belum tentu hasilnya baik juga

Comments
3 Responses to “Anak ke dua”
  1. Haha merr
    Beda ya kalau udah punya 2 anak
    Tp aku juga ga lebay sih ini anak pertama. Kiev make pospak dr awal. Sempet pake clodi kl g males.ya kali kudu nyuci hbs begadang. Makasih deh. Mewek jg g lgsung dinenenin. Tapiii diq mah doyan nenm jatuh or nangis knp jg g lngsung ksh nen. Suka ditgl jg dan emamg sering nemuon dia udah main sdr ditingal lama ngapa2in. Tp masalah muncul ketika diatas 6 bln kepegang akung utinya. Jadi lebay. Meski kalo sama kita ga manja tapi tetep aja ada bedanya. Kala mpasi mah sp setahun sih alhamdulillah no gulgar. Tapi sami aja suka dicip2in koq. Yang penting makan. Makanya ibunya yang ideal itu yang ga bikin susah diri sendiri sama anaknya.����

  2. Betuulll...idealis boleh tp jangan sampe nyusahin diri sendiri..kewarasan emak tetap yg utama hahahaha

  3. Betuulll...idealis boleh tp jangan sampe nyusahin diri sendiri..kewarasan emak tetap yg utama hahahaha

Leave A Comment

Diberdayakan oleh Blogger.

Follower

Where do you come from

free counters

member of..

The Urban Mama