TB Paru dan program naikin BB

Yang kena TB paru Nabil, yang program naikin BB adalah Nabil , missha dan emaknya *nasip

Awalnya ga curiga kenapa BB Nabil ga naik-naik, selalu di angka 13 kilo, padahal umurnya udah 4 tahun. Kirain kaya emaknya yang susah gemuk. Tapi jadinya kepikiran karena pas DSAnya bilang genetis kurus itu cuma menurun 10%, anak yang bbnya kurang perkembangan otaknya juga ga maksimal, dibandingkan temen sekelasnya Nabil paling pendek ..padahal makannya kan banyak bisa 3 centong sendiri..kemana larinya??

Konsul ke DSA katanya sebaiknya discreening TB paru, tapi bakalan kesian sih soalnua harus ambil darah, tes montux yang harus suntik2...pasti drama deh Nabilnya -_-;;

Kalau kata abeh eninnya sih ga perlu dites..Nabil kan anaknya aktif...makanya ga bisa gemuk. Tapi feeling emak2 sih mendingan dites aja, emang Nabil aktif tapi bukan yang tipe hiperaktif gitu ampe bikin BBnya 13 kilo bertahun2. Akhirnya bulan agustus tes TB di Melinda, kebetulan lagi di Bandung dan ada rekomendasi temen yang anaknya juga lagi terapi TB paru di Dr Raddy di Melinda.

Sebulan pertama Nabil  naik 300gr, selain terapi obat, pola makannya juga diubah. Sebelumnya udah coba ganti pola makan tapi ga terapi obat, ga ada kenaikan BB. Pola makannya diubah misalnya, banyakin protein, kalau bisa dalam 1 x makan ada protein nabati dan hewani. Susu uht diganti sufor, karena sufor kalorinya lebih tinggi, cemilan diganti yang tinggi kalori, kaya cake, eclair, pasta, keju2an dsbnya.

Khusus sufor ini aku sempet membandingkan aneka merk sufor, yang paling tinggi kalorinya adalah nutrini (ini bukan sufor sih, bentuknya udah cair gt). 250ml kalorinya 300kkal. Tapi harganya mahal 25 rb ajahhh...dan Nabil ga doyan. Trus berpaling ke pediasure, belom sempet beli sih,,baru intip-intip di supermaket, 180ml kalorinya 230kkal, tapi mahal 400gr 120rb. Akhirnya nemu S-26 kalorinya sama tapi harganya cuma separonya. 

Tapiii...Nabil ga doyan, soalnya kental banget, 180ml air dicampur sama 5 sdm susu....akhirnya diakalin cuma 3 sdm aja atau dicampur sama uht baru mau. Tapii..sama aja boong yah kalo encer gitu ga jadi tinggi kalori dong.

Akhirnya jadi curiga ko banyak banget ya takarannya,,pas ke supermaket dipelototin deh tu semua aneka sufor. Yang kalorinya tinggi rata-rata takarannya emang 5sdm, termasuk si pediasure. Kalau gitu mendingan ngitungnya jangan jumlah total tapi jumlah kalori per takaran aja. Dan tak disangka tak dinyana pemenangnya adalah Susu bendera full cream yang kalorinya 150kkal per 3 sdm atau 50kkal per 1sdm. Kalau pediasure atau S-25 kalorinya 46kkal per sdm, mirip-mirip..tapi kan harga beda jauhhh

Pediasure 400gr 120rb
Susu bendera 400gr 35rb

Bungkus yang banyakkk!!! *sorak-sorak bergembira*

Akhirnya dengan pola makan seperti itu dan terapi obat Nabil konsisten naik 300gr per bulan dan sekarang di bulan ke 5 BBnya udah 16 kilo...1 kilo lagi menuju ideal, alhamdulillah...

Dan susu ini kan bisa diminum siapa aja, jadinya missha dan emaknya juga ikutan minum, cemilan juga disamain aja kan semua mau naikin BB. Akhirnya bundanya naik 2 kilo (baru program sebulan ), missha naik jadi 9.3 yeaayy!!

Oh iya, untuk menyukseskan program naikin BB ini akhirnya kami beli timbangan, setelah bertahun-tahun ga punya timbangan, hihihihi

kiri: Nabil sebelum terapi (13kg)
kanan: Nabil 4 bulan setelah terapi (15kg)

Leave A Comment

Diberdayakan oleh Blogger.

Follower

Where do you come from

free counters

member of..

The Urban Mama