Travelling While Pregnant

Kalo liat image di dream board udah obvious banget lah yaaa, kemana tujuan dream vacation tahun ini. Sebenernya tujuan ini udah jadi impian sejak lama dan bukan cuma sekedar untuk vacation aja. Tapi after Singapore and Malaysia, Australia is my dream place to live in. Pengeeen banget ngerasain tinggal disana, ngerasain culturenya, dan tentunya, banyak potensi traveling kalo udah disana.

Hampir 4 tahun sejak meninggalkan Singapur, tapi belom juga kesaimpaian kesana, akhirnya daripada nunggu-nunggu belaka, nyoba liburan kesana aja dulu supaya tau apakah kondisinya seindah yang dibayangkan. Toh juga keinginan tinggal di Sg dan KL dulu juga berawal dari liburan.

Akhirnya tahun lalu pas AA sale kebetulan dapet harga promo untuk rute BDG-SYD seharga 1.25 jutaan aja per orang oneway. Itu sama kaya harga pku-bdg kalo lagi peak lho, dan bandingkan sama Garuda dkk yang onewaynya aja udah 6-8 jutaan T_T. Mam abeh yang liat kita lagi ceki-ceki harga tiketpun naksir pengen ikutan. Akhirnya, bungkus! Ayok beli tiket untuk ber 5.

Waktu ketauan hamil beberapa minggu setelah beli tiket sempet bingung karena jadwal berangkat berarti kira-kira sebulan setelah melahirkan, kesian amat bawa bayi piyik? Tapi yasudahlah, diliat nanti aja. Dan ternyata kondisi berkata lain karena kejadian yang diceritain disini.

Akhirnya berencana memplanning pregnancy supaya pas dengan rencana-rencana lain dan juga rencana traveling. Apa daya ternyata Allah berkata lain dan alhamdulillah hamil lagi seperti yang diceritain disini.
Even worse, due date kehamilan kali ini paaas banget udah 36-37 week yang udah pasti impossible banget untuk berangkat.

Jadi bingung, kalo reschedule, udah jadi rahasia umum AA itu sangat murah kalo beli jauh-jauh hari dan pasarahkan saja kalo ternyata ga bisa berangkat karena biaya reschedule sangat mahal pemirsa! Jadi kaya jebakan betmen yah. Biaya reschedule aja udah hampir harga separo tiket dan belom lagi harus bayar selisihnya. Waktu ditanyain ke AA biaya reschedule untuk ke bulan Juni total 27 jutaan aja doong ber 3 T_T ebuset jauuuuh lebih mahal dari harga original tiketnya dong.

Opsi lain, pake surat dokter untuk cancel, tapi ternyata ga bisa refund tapi jadinya credit shell, direfundnya bukan dalam bentuk uang tapi kredit yang bisa dipake untuk pembelian tiket AA selama jangka waktu 3 bulan, bisa dipake kemana aja, dan atas nama siapa aja. Tapppiiiii kena biaya cancel yang kira-kira 50% dari harga awal T_T

Nasip.

Opsi lain adalah berharap AA reschedule jadwal.

Udah sering kejadian kan tiba-tiba AA rschedule jadwal flight yang mengakibatkan kita boleh: full refund, reschedule 2 minggu sebelum atau sesudah, dan credit shell. Tapiiii biasanya itu mepet-mepet kan..jadinya deg-degan juga kalo nungguin opsi ini mah. Tapi ya udahlah, mikirnya kalo rejeki ya berangkat, kalo engga ya ikhlas aja 50% uang ilang, kan penggantinya kehamilan ini yang jauuh lebih berharga.

Masuk bulan Mei, mas alfa udah ngingetin aja untuk segera ngurus cancellation AA supaya credit shellnya bisa dipake untuk beli-beli tiket mudik. Tapi masih males aja…

Suatu hari di pertengahan mei (lupa tanggalnya) sore-sore abis boci berjamaah tiba-tiba dapet sms dari AA kalau flight pulang dari KL-BDG di reschedule!!! GYAAAA…!! Like a dream come true banget ya Allah!

Waktu di cek kalo dimundurkan 2 minggu berarti kehamilan sekitar 33-34 minggu yang masih boleh terbang karena max AA adalah 35 minggu. Karena first come first serve basis jadinya langsung buru-buru hub AA karena takut keabisan. Udah kontak-kontakan sama mam abeh, jadwal udah ok, langsung deh hub AA untuk reschedule. Alhamdulillah prosesnya lancar, insyaAllah jadi deh babymoon!

Nahh….
Sekarang setelah direnungkan lagi.
Kenapa ga kepikiran untuk cek sama obgyn dulu yah karena walau gimana pun 33-34 weeks kan udah hamil tua yang ada kemungkinan untuk berbagai komplikasi.
Kenapa ga kepikiran sama sekali untuk full refund jadinya bisa memikirkan waktu lain yang lebih leluasa untuk liburan.
Dengan kehamilan tua seperti itu kan ga bisa maksimal yah jalan-jalannya? Gampang cape dsbnya? Kesian dong sama mam abeh yang udah mengeluarkan dana ga sedikit untuk liburan kali ini tapi ga bisa maksimal?
Dan penyesalan-penyesalan lainnya.

Huhuh maafkan bunda ya nak, egois mikirin pengen traveling ga memikirkan dampaknya ke bayi dan keluarga.

Walau budok udah ngasih kartu ijo ASALKAN pas mau berangkat dicek kondisi kehamilan aman dan jangan terlalu capek ketika traveling, tetep aja masih gelisah sekarang.

Bismillah , semoga diberi yang terbaik aja yaa..

#edisi galau


Leave A Comment

Diberdayakan oleh Blogger.

Follower

Where do you come from

free counters

member of..

The Urban Mama